4/04/2014

ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Tulisan ini saya khususkan untuk meramaikan lomba blog yang diselenggarakan oleh ASUS sebagai salah satu platform notebook. Sudah lama sebenarnya ingin me review produk ASUS yang pernah saya gunakan. Sampai saat ini ASUS menjadi Notebook terbaik. waktu jaman masih kuliah, uang tabungan dan hasil keringat, saya gunakan untuk membeli sebuah notebook. Tujuan awal saya adalah saya ingin main game sepuasnya, he he akan tetapi saya berpikir bagaimana kalau apa yang saya beli dapat menghasilkan suatu nilai juga. Karena ketika saya beli sebuah peralatan elektronik, maka saya harus dapat menghitung biaya susut dan harga purna jual yang tinggi pada tahun-tahun berikutnya :D. Saya mencari-cari info sebuah notebook yang dapat juga buat game (tujuan awal), membuat desain standar teknik, dan pastinya harganya terjangkau. Dari review beberapa kawan. maka ASUS adalah pilihan yang pas. ketika itu ASUS bukan menjadi trendseter sebuah notebook lho, mungkin saya membeli Asus adalah pertama kali diantara teman-teman kuliah yang lainya. Maka sejak 4 tahun lalu, saya telah menggunakan merk ini hingga sekarang. 

Awal mula perkenalan saya dengan ASUS adalah, ASUS seri K42 Je. K42 JE ini berguna sekali bagi saya karena dapat terintegrasi dengan windows xp. ketika itu banyak software jaman kuliah yang belum bisa jalan di versi vista maupun windows 7. maka saya menjatuhkan pilihan ke asus seri k42 JE. Asus ini telah membantu saya dalam menyelesaikan tugas kuliah, Tugas akhir, 1 tahun berselang saya menjual asus itu di via online dengan alasan saya ingin upgrade notebook saya, dan dalam hitungan jam saja sudah laku. purna jual yang menjanjikan, selain barangnya bagus dan terawat. Saya kemudian ingin upgrade ke spek yang lebih tinggi. yaitu ASUS N 43 SL. Seri ini menurut saya pas banget, bagaimana tidak, jika dengan harga yang sama dengan merk lainya, akan tetapi ASUS menawarkan spek diatas rata-rata. Core I5 menjadi basic operationya dan NVidia Geforce kapasitas 2 GB membuat pekerjaan saya menjadi lebih ringan. 

Saat ini Notebook yang saya gunakan memiliki spesifikasi sebagai berikut :

Type : ASUS N43 SL

Processor 
 - Type : Intel Core i5-2410M dual-core processor
 - Speed : 2.3 GHz with Turbo Boost up to 2.9 GHz
 - Cache : 3 MB L3

Chipset
 - Intel HM65 Express Chipset

Display
 - Diagonal size : 14 "
 - Resolution : 1366 x 768 (HD), 16:9
 - Technology : LED Backlit Asus Splendid Video Inteligent Technology 

Graphic Card
 - NVIDIA GeForce GT 540M 2GB DDR 3 VRAM
Desain Elegan

Memory 
 - DDR 3 1333 MHz SDRAM
 - 2 x SO-DIMM socket for expansion up to 8 GB SDRAM

Storage
 - 2.5" SATA : 320 GB 5400 rpm

Optical Drive 
 -  Blue ray DVD combo
 -  Blue ray Writer
 -  Super-multi DVD

Communication
 - LAN : 10 / 100 / 1000 Base T
 - WLAN : Integrated 802.11 b/g/n or 802.11 b/g

Bluetooth 
 - Built-in Bluetooth 2.1 + EDR

Audio
 - Sonic Focus
 - Built-in Speakers and Microphone
 - Bang & Olufsen ICE Power

Interface
 - 1 x USB 3.0 port
 - 3 x USB 2.0 port
 - 1 x Microphone-in jack
 - 1 x Headphone-out jack
 - 1 x RJ45 LAN jack for LAN insert
 - 1 x HDMI
 - 1 x VGA port/Mini D-Sub 15 pin for external monitor

Slot
 - Card Reader : 3 - in - 1 card reader (SD, MS, MMC)

Camera
 - 2.0 MP fixed webcam

Power
Battery : 6 cell 4400 mAh 47 Whrs
Output : 19 V DC, 4.74 A, 90 W
Input : 100-240 V AC, 50/60 Hz Universal

Security
 -  Lo jack

ASUS Sebagai Notebook Terbaik di Semua Kelas

Sampai saat ini saya masih setia pada Notebook ASUS. berikut sedikit ulasan atau share pengalaman mengenai "mengapa harus ASUS, dan bukan yang lain " sebagai Notebook Terbaik. Berikut ulasan untuk memilah Sebuah Notebook. 

1. Spesifikasi Tinggi dengan Harga Terjangkau

Harga bagi saya adalah perihal utama sebagai dasar pemilihan sebuah produk. salah satunya notebook ASUS. mungkin juga pelanggan yang lain setuju dengan point saya. Setiap kali ke pusat toko Notebook, maka yang saya liat pertama kali adalah spesifikasi yang diusung oleh notebook tersebut dan harga. jika spesifikasi tinggi dengan harga yang tinggi pula, itu sebuah kewajaran. akan tetapi jika spesifikasi yang tinggi dengan harga terjangkau, hanya Notebook ASUS sampai saat ini yang memegang kendali. maka salah satu tips saya selaku pelanggan di sebuah toko notebook. "pasanglah spesifikasi pada notebook yang ditampilkan dan harga". karena itu lah seorang pelanggan segera tertarik dan menanyakan lebih lanjut kepada penjual, perihal notebook yang spesifikasi dan harga yang di tampilkan. mungkin dari penjual dapat memberikan diskon harga atau aksesoris tambahan lainya. seperti yang saya alami ketika membeli Notebook seri ASUS N43 SL. Ketika itu saya berada di pameran komputer, dan menanyakan harga apakah masih bisa turun, penjual tidak menurunkan harga akan tetapi harga tersebut diskon mouse, fan, serta monitor guard. 

2. Desain yang elegan dan profesional

Selain spesifikasi, saya selalu tertarik dengan model notebook. Sebuah Notebook menurut saya saat ini tidak hanya sebagai kebutuhan, akan tetapi sudah menjadi sebuah identitas pemilik atau bahkan menjadi personal branding tersendiri. Saya seorang yang bergelut di bidang teknik membutuhkan sebuah personal notebook yang dapat mendukung kegiatan profesional saya. dengan spesifikasi tinggi, ukuran menjadi tidak begitu berpengaruh menurut saya, karena spesifikasi tinggi membutuhkan ukuran notebook sedikit lebih besar. ASUS N43 SL ini memiliki desain yang memuaskan. dengan spesifikasi yang diatas rata-rata dapat membantu kegiatan saya di bidang desain teknik, perhitungan serta permodelan. Desain pada ASUS N43 SL cukup elegan dengan berbahan alumunium atau sejenisnya membuat saya tidak segan atau canggung ketika meeting membahas pekerjaan di kantor maupun di tempat yang lainya. 

3. Garansi Mesin 2 Tahun

Apa yang menjadi pertimbangan ASUS hingga berani membuat garansi mesin pada notebooknya hingga 2 tahun. hingga saat ini tidak ada yang dapat bersejajar dengan ASUS dengan garansi mesinya. Saya berpendapat, karena ASUS berani mengambil resiko bahwa produk Notebook buatanya memang berkualitas dan tahan lama. Salah satu pertimbangan saya dalam memilih sebuah Notebook adalah dengan melihat garansi yang diberikan oleh vendor (pabrikan). jika saya menginvestasikan uang dengan membeli sebuah notebook, maka saya  mempertimbangan kualitas dan ketangguhan nya berbanding dengan nilai susut yang terdapat pada sebuah notebook secara khusus atau barang elektronik secara umum. kualitas dan ketangguhan sebuah produk secara mudah dapat di buktikan dengan pemberian garansi pabrikan. jika sebuah pabrikan yakin akan barangnya tidak akan bermasalah selama periode pakai, maka mereka berani memberikan garansi panjang. Pabrikan tersebut menilai selama masa pakai tidak akan terjadi masalah. begitulah ASUS produk handal dengan garansi mesin 2 tahun. 

4. Bahan Berkualitas

Pertimbangan yang tidak kalah penting dalam memilih sebuah Notebook adalah bahan berkualitas. maksudnya disini adalah dari sisi terluarnya yang bisa di lihat oleh kasat mata. contohnya bahan alumunium pada ASUS N43 SL. Alumunium, saya menyebutnya karena secara rinci saya tidak mengetahui bahan apa tersebut, akan tetapi bahan tersebut adalah penghantar panas yang baik selama pengunaan selama ini. sehingga dapat mengurangi panas di dalam mesin. sedikit pengalaman ketika mengerjakan sebuah pekerjaan yang membutuhkan prosesor dan grafik yang tinggi, maka secara automatis membuat mesin panas. akan tetapi pada notebook milik saya ini, tidak begitu panas. salah satunya mungkin penyebaran panas dapat segera teratasi dengan bahan Alumunium. tampilanya bahan alumunium ini menurut saya elegan.    


Berbahan Alumunium
4. Harga Purna Jual yang Tinggi

Hubunganya apa ya Notebook dengan harga purna jual yang tinggi. haha. begitni kawan, jika kita ingin membeli barang yang bagus, maka parameter termudah selain dari ulasan yang diatas tadi adalah, harga purna jual yang tinggi. itu mengindikasikan sebuah produk layak dan bagus untuk menjadi pilihan, analoginya begini, jika tangan kedua saja banyak yang mencari, maka notebook tersebut memang sangat layak untuk menjadi pilihan.

Nah, itulah sebagian ulasan secara pengalaman selama ini kenapa harus Memilih Notebook ASUS sebagai Notebook Terbaik.

ASUS Sebagai Notebook Favoritku

Tag as my favorite mungkin sedikit menggambarkan Notebook ASUS. Nah setelah memilah sebuah Notebook yang saya rekomendasikan ASUS. saya ingin sedikit berbagi tentang mengapa ASUS menjadi favorit bagi saya. Dalam Kaitanya sebuah Notebook, ketika saya pakai sendiri, saya menemukan hal-hal yang baru. 

1. Power Gear Hybrid pada notebook memungkinkan pengguna mengatur Performa mesin ASUS 
Pengaturan Performa
Perkenalkan sebuah Power Gear Hybrid, sebagai favorit saya. ini merupakan sebuah pengaturan performa mesin. pengguna dapat mengatur bagaimana kinerja mesin saat notebook di jalankan. dalam performa mesin. ASUS N43 SL membagi menjadi 4 bagian kinerja.  High Performance, Entertainment, Quiet Office, Battery saving. Mari kita kupas apa saja type kerjaan seperti itu. 

High performance merupakan performa yang memungkinan pengguna menggunakan seluruh daya upaya pada notebook tersebut. karena ini meruapakan sebuah pengaturan, maka sebuah pengguna dapat menyetel sendiri sesuai keinginan. Sekedar Tips untuk mensetel  Power 4 Gear Hybrid ini dari saya. Utamanya, saya ingin memberlakukan Komputer dengan kinerja 100% all out pada ASUS saya, tidak mode sleep, tidak terjadi hybernate, menampilkan seluruh icon pada dektop. Saya mensett pada pekerjaan yang sekiranya membutuhkan daya prosesor tinggi, misal, 3d Desain, Gambar CAD, ANAlisa Struktur, Bisa pula dengan Game he he. Maka saya Set kemampuan prosesor saya naikan 100 % All Out. Saya juga men sett notebook tidak boleh mode sleep ketika saya tinggal, kecerahan (Brigght ness saya naikkan dari 1-10 menjadi 5. Dengan begitu notebook ini performa tertingginya. 

Entertainment merupakan performa yang memungkinkan pengguna menggunakan notebook di level menengah keatas. Tujuan saya untuk Entertainment adalah, saya ingin menyetel notebook yang tidak terlalu membutuhkan performa tinggi akan tetapi mampu bekerja baik pada kondisi yang saya gunakan terhadap pemutaran video, music film, browsing, bloging dan kegiatan yang bersifat menyenangkan. saya menurunkan performa prosesor menjadi 75% dengan menonaktifkan modesleep, hybernate, dan notebook mati (Shutdown), karena saya ingin menikmati video, saya tidak ingin notebook saya sleep ketika film berputar :) akan tetapi saya menaikkan kadar kecerahan monitor dari rentang 1-10 menjadi 10 paling tinggi. saya ingin membuat pekerjaan ini terasa menyenangkan. blogging sambil browsing, sambil dengar musik :D

Quiet Office merupakan performa yang memungkinkan pengguna menggunakan notebook di level menengah ke bawah. Tujuan saya untuk Quiet Office adalah, saya ingin menyetel notebook yang tidak terlalu membutuhkan performa tinggi akan tetapi mampu bekerja baik pada kondisi yang saya gunakan terhadap pekerjaan pekerjaan kantor, standar office, membuat laporan, presentasi, catatan dan lain lain. Saya menurunkan performa prosesor menjadi 60 persen dengan sleep 10 menit hybernate 2 jam, dan notebook mati setelah 3. meredupkan monitor dengan rentang 1-10 menjadi 3. karena saya ingin fokus pada pekerjaan saya agar supaya terselesaikan dengan baik dan cepat. 

Battery Saving memungkinan pengguna menggunakan notebook di level terendah. Tujuan saya untuk Battery saving tidak lain adalah menjaga agar pada kondisi batery tahan lama dan menjaga notebook agar tetap hidup. Kondisi ini biasa terjadi ketika notebook tersebut tidak tercolok ke listrik. sehingga kemampuanya hanya bergantung dari batery. maka dengan mengatur performa notebook serendah mungkin dapat menghemat baterai jauh lebih lama. 

2. Power Boost Sebagai Indikator Kinerja Processor 

Power Boost adalah sebuah Indikator bahwa kinerja prosesor sedang bertambah hingga GHz tertentu. seperti notebook ASUS ini kemampuan rata-rata adalah 2.3 GHz. dan dapat meningkat ketika Notebook bekerja hingga 2.9 Ghz.

3. Graphic Card N VIdia G Force untuk Pekerjaan Grafik yang Tinggi


Pengaturan Grafik

Salah satu yang membuat Notebook ASUS sebagai favorit saya. Adalah sebuah grafik card yang ada dalam sebuah mesin ini. Sebagai pertimbangan adalah kebutuhan akan pekerjaan yang membutuhkan gambar 3 dimensi, analisa dan kerjaan berat lainya. Maka kartu grafik dari ASUS menjadi solusinya. Ibarat Power 4 gear adalah untuk performa prosesor, maka jika ditambahkan sebuah kartu grafik, bisa di bayangkan kinerjanya. pasti gamers sudah sangat paham untuk masalah ini. 

4. Smart pad berguna menghindari kesalahan pada mouse pad


Keunikan Smart Pad
Pada Notebook ASUS, seri ini secara khusus, program smart pad ini unik dan menurut saya berguna sekali. misalnya terdapat kasus dimana ketika saya mengetik, tidak sengaja lengan saya menyentuh mousepad membuat kursor berganti dan menjadikan tulisan saya kacau, maka tidak dengan smart pad ini. program ini dapat menghindarkan kita dari kasus seperti ini. karena kemampuan program ini dapat membedakan sentuhan lengan, telapak tangan ataukah jari yang menyentuh mousepad. karena ketika yang menyentuh selain jari. kusor mouse tidak akan berpindah. Kelebihan lain adalah ketika tapping, setiap perpaduan jari memiliki perintah yang berbeda-beda. unik dan berguna :D

5. Audio dari  Bang & Olufsen ICE Power


Sound terletak di atas keyboard warna stainless
Berikutnya, adalah sebuah Audio Bang & Olufsen ICE Power. Merupakan sebuah sound system bawaan dari Notebook ASUS N 43SL yang menurut saya hebat. Karena dengan Sound bawaan saja, kita sudah tidak perlu membeli tambahan audio yang lain. sebegitunya? sejujurnya saya jawab. iya. saya kaget dengan suara yang dihasilkan. ketika saya membeli, saya tidak meng check sound bawaan ASUS ini. saya fikir, seperti notebook kebanyakan pada umumnya yang memang sound bawaan bukan area yang penting untuk di garap secara baik. tapi di ASUS N43 SL ini. ASUS membuktikan bahwa setiap detil mereka mengerjakan dengan baik. Saya pernah mengetahui platform lainya yang mengerjakan sound bawaan note book yang lain dengan mengusung Harman Kardon sebagai sound nya. maka Notebook ASUS mengusung Bang & Oulsen sebagai soundnya. kesan nya tidak lagi suara "cempreng" sebuah sound Notebook, tapi suara jernih dan jelas.

6. Sonic Master 


Sonic Master
Ketika membicarakan suara, audio pada sebuah perangkat elektronik. Hal ini menjadi penting kepada pengguna yang mempunyai pendengaran sensitif. he he. maka ASUS N43 SL ini merupakan sebuah terobosan dengan menghadirkan Sonic master untuk mengatur kejernihan pada internal sound yang di garap baik oleh Bang n Oulsen. Di program terseut juga ada lvel low dan high, rata-rata jika saya melihat sebuah film ataupun suatu music, saya menggunakan hingga kualitas suara high, dan seluruh rumah terdengar .coba saja merasakan sendiri karena akan mengetahui kualitas nya. :D

Berikut beberapa hal yang menurut pribadi saya yang sampai sekarang setia terhadap produk ASUS. bagaimana dengan kawan ? apakah serupa ataukah memiliki pilihan lainya? 

2 comments:

  1. sama gan saya juga senang sekali dengan layanan yang telah diberikan asus,
    Jangan lupa kunjungi blog saya ya,
    http://tukerlink-blogger.blogspot.com/2014/03/asus-notebook-terbaik-dan-favoritku.html

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya.