3/18/2014

-The Best Adventure- Green Canyon Indonesia

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Dok Pribadi Menyusul :D
Lagi-lagi Indonesia menyingkap salah satu tabir keindahanya. pasti diantara teman semuia pernah melihat ulasan -ulasan unik dunia di discovery channel. Jika ada voting, saya pastinya akan memilih Green Canyon salah satu spotnya. Cukang Taneuh dalam bahasa sunda berarti jembatan tanah dan biasa dikenal sebagai Green Canyon merupakan sebuah alur susur sungai, diantara tebing - tebing yang di tumbuhi vegetasi utamanya lumut, tanaman rambat. jika melihat ke atas hijau, teduh, dingin nampak sekali keindahanya. tebing - tebing nya tinggi menjulang sekitar 20 meter lebih, sinar matahari terkadang menembus hingga ke dasar sungai. jika melihat ke bawah, bening, biru, deras dan kedalaman air sungainya bervariasi antara 0 - 5 meter. Sebutan "green Canyon" sendiri kata orang berasal dari turis perancis yang datang ke lokasi sekitar tahun 1993. hijaunya green berasal dari tetumbuhan di dinding dinding tebing, dan canyon mengingatkan pada tebing-tebing tinggi di dataran Amerika. 


Menemukan teman seperjalanan menjadi awal mula kami melakukan perjalanan. teman-teman kantor yang sehobi dan tidak sehobi turut dalam perjalanan ini. ceritanya di paksa ikut buat menekan pengeluaran. hehe. awalnya saya juga keberatan, karena lokasinya yang membutuhkan waktu tempuh 10 jam dari jakarta hingga ke destinasinya. dan awal mula di kabari kalau bakal ke pantai pangandaran. males. karena lokasi green canyon ini berada di desa dekat dengan pantai pangandaran. perjalanan awal sudah mulai bosan dengan waktu tempuh dan jalan yang tidak bersahabat. keluar jakarta tol sudah macet di daerah pangandaran jalan juga hancur. semoga mobil kantor yang kami pinjam aman saja. hehe

Perbaikan jalan
kami berangkat hari jumat malam selepas isya. sekitar pukul 20.00 dengan beranggotakan teman2 kantor. dan sampai lokasi pukul 6 pagi. kami di sambut oleh tour guide. rencananya kami akan mengunjungi 5 lokasi berbeda : cukang taneuh (green Canyon) - Pantai Pangadaran - Penangkaran Penyu - Pantai Batu hiu - wisata hutan alam. 

Tiba Lokasi -Pangandaran

Depan Penginapan
Tiba lokasi yang pertama yang kami cari adalah penginapan. jangan sampai perjalanan jauh tanpa ada ruang untuk istirahat, minimal penginapan untuk menyimpan barang2. tidur di luar atau di mobil pun okey selama barang aman dan terjaga. selanjutnya kami sarapan pagi dan memulai perjalanan ke cukang taneuh. wow men saya kira saya sudah berada di lokasi green canyon ternyata membutuhkan waktu 3 jam untuk sampai ke lokasi tersebut. benar benar perjuanganya. 

Tiba Lokasi - Green Canyon- Body Rafting - The Best

Sampai di lokasi dengan kusut, dan tiba-tiba sumringah lantaran atmosfernya dari pantai yang panas menjadi jalan tanah, sungai yang sudah terdengar derasnya dari kejauhan, dan warna hijau pekat yang pelan mengalir di samping kiri lokasi. melihat berbagai macam turis lokal maupun mancanegara. dengan seragam safety petualngan, safety jacket, helmet, handgloves, pelindung lengkap seperti arung jeram. langsung mata berbinar dengan berteriak "Ini nih yang saya tunggu". degub jantung berjalan cepat membayangkan petualangan berujung di depan. jujur saya kurang info dalam pencarian google sebelum berangkat, tapi langsung mengerti wangi2nya arus, sungai, airnya. wusssh capcus. 

Salah satu yang membuat saya kagum, di Grand canyoon ini, manajemenya bagus dan di kelola oleh warga lokal, sebagus di arung jeram probolinggo. peserta wajib memakai pelindung diri, dan disesuaikan dengan ukuran tubuh fit. dan sudah menyiapkan wadah yang water proof untuk barang-barang kami untuk di jaga. selain itu pula akan di guide oleh pemandu 2 orang, hebat. 

Warning !!
pengalaman tidak nyaman ketika kami tidak di ikut sertakan oleh guide penginapan untuk body rafting. alasanya harus menambah biaya. wuss sempat ketegangan terjadi karena kita hanya di beri fasilitas naik perahu di pinggir sungai (kayak orang mancing). sampai beberapa kami adalah blogger profesional yang mengancam akan menyebarkan ketidaknyamanan ini ke netters. dan sempat berkorespondensi dengan si bosnya. akhirnya luluh juga. 

saran!!
Pastikan paket wisata teman- teman sesuai dengan yang di infokan tour guide, atau jika tak memerlukan tour guide maka langsung saja menuju lokasi. tempat body rafting dinamakan -Gua Bahu-

Setelah persiapan selesai kami langsung di giring untuk naik lagi ke dataran lebih atas dengan menggunakan pick up. perjalanan sekitar 45 menit. 


pemandangan pertama, kami disuguhi oleh sebuah goa besar seperti goa akbar di gresik, merupakan gerbang pertama sebelum bermain air di bawah sana. dan pengenalan pertama di Green canyon ini adalah loncat di ketinggian 3 meter. :D

bersama team 
saran untuk kawan semua, bawalah kamera yang terbaik, water proof. banyak momen indah selama 5 jam kami susur sungai. kami hanya menggunakan kamera dari i phone yang kurang puas kalau melihat hasilnya. hehe. 
Teduh
Kami juga menemukan ikan kecil yang hidup di sungai ini. heran sampai ada ikan. dasar sungai yang jelas sekali terlihat jika kita menggunakan kacamata. dan kami tidak membawanya :D
Arus Deras di beberapa bagian

baru sepertiga perjalanan kamera hape sudah tidak kuat lagi untuk di gunakan. karena panas dan hanya di beri semacam pelindung anti air membuat embun merabunkan sekitar. 


akhir dari susur sungai ini. saya baru tahu cukang taneuh  adalah jembatan tanah dan tebing 7 meter yang kami harus melompat dan berdebur di air. saya sisipkan gambar dari laman bloger lainya :D

Green Canyon menurut saya pengalaman yang perlu untuk di coba. jika pun ada kesempatan lagi, tidak rugi untuk ke 2 kalinya.

sumber foto :

http://miqoazura.wordpress.com/2011/10/01/cukang-taneuh-dan-citumang-yang-menawan-part-1/ akses pukul 06.00 tanggal 19 maret 2014

6 comments:

  1. Mantaaap gan,,

    Wisata Adventure Green Canyon - Body Rafting Guha Bau
    hobbyadventure.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah aku promoim, kasih diskon kalau aku kesana lagi ya :D

      Delete
  2. bedanya green canyon sama grand canyon apa ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. green canyon sebutan bagi susur sungai cukang taneuh, diambil dari grand canyon yaitu tebing tinggi cadas dan curam sedang green canyon tebing tinggi cadas dan curam namun di balut hijaunya hutan tropis :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya.