12/27/2013

Tips Mempercepat Produktifitas Kerja

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Dalam dunia kerja, keinginan semua penyedia jasa adalah agar pekerjaanya yang diberikan dari pihak client sesuai jadwal. On schedule. Karena ketika penjadwalan molor, maka akan mengakibatkan penundaan pekerjaan yang lainya. dan secara otomatis akan berakibat pada membengkaknya anggaran ataupun budget. Ingatkah ketika kita belajar ekonomi teknik. Sebuah pekerjaan itu dikatakan sesuai, jika terdapat 3 parameter : 
1. Ketika Budget dapat di tekan
2. Ketika pekerjaan sesuai penjadwalan
3. Ketika kualitas pekerjaan sesuai dengan apa yang diharapkan bersama



Team Leader : "Tolong permodelan ini selesai dalam sebelum makan siang nanti.". 
Engineer : "Tapi pak, saya membutuhkan minimal sehari dalam permodelan. "
Team Leader : "Model gini mah, harusnya bisa kamu kerjakan dalam waktu satu jam saja. toh pekerjaan nya typical dengan project sebelumnya."
Engineer : "Sejam pak ?" sambil melongo
Team Leader: "Yang bisa ngerjakan model seperti ini dalam sehari itu banyak. tapi yang bisa cuma sejam itu orang pilihan".

Kata-kata petuah ini langsung terngiang. Seandainya setiap pekerjaan bisa dikerjakan dengan baik dan super cepat. Maka secara otomatis dapat meningkatkan produktifitas kerja. segera saja saya mencari tahu, gimana sih cara mempercepat produktifitas kerja serta efisien kerja. berikut tipsnya :

1. Strategi Pengerjaan
Beri waktu pada diri sendiri untuk memahami terlebih dahulu apa yang akan di kerjakan, masalah apa yang akan di hadapi nanti selama pekerjaan, serta  merencanakan strategi pengerjaan. 

2. Focus
Biasanya setelah memahami pekerjaan, dan strategi pengerjaannya, maka mulai mengerjakan dengan memasang muka (dialarang diganggu). misalnya memasang headset, putar lagu instrumen dengan aliran march yang bikin semangat. style ini bisa berbeda-beda tiap orang. maka temukan style mu sendiri

3. Jam Terbang
Jika pekerjaanya adalah setipe dengan projek sebelumnya, maka kita akan menemukan shortcut (cara cepat dalam mengerjakanya) dengan sendirinya. ini hanyalah masalah jam terbang, semakin sering mengerjakan pekerjaan yang setipe, maka semakin cepat kita dalam pengerjaanya. 

4. Motivasi
Last but not least. Motivasi diri adalah yang paling penting dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. bagaimana poin diatas dapat di capati jika kita tidak dapat memotivasi diri sendiri. Maka, apa motivasi saya, kenapa saya harus mengerjakanya, apa bagusnya buat saya? mungkin pertanyaan ini harus kita tanyakan dulu terhadap diri sendiri

so, seberapa cepat produktifitasmu?

3 comments:

  1. Fokus sangatlah penting mas, terkadang kerja cepat tingkat human error juga tinggi. Jadi memang ada banyak proses dalam mencapai fokus dan management waktu.

    Makasih sharingnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, focus. memang benar sih kerjaan cepat tingkat error juga tinggi, tapi mungkin karena itulah dibutuhkan team checker berlapis-lapis. :D
      sama-sama kang

      Delete
  2. Waduh saya paling susah buat fokus mengerjakan sesuatu. Jadi kalo ngerjain tugas langsung ngungsi menyendiri biar fokusnya gak keganggu. hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya.