11/25/2013

[Terios7Wonders] 7 Alasan Terios Menjadi Ikon Sahabat Petualang

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Tulisan ini saya khususkan untuk mengikuti lomba Terios 7 Wonders Sahabat Petualang yang setelah sukses dengan program serupa tentang Terios 7 Wonders Sumatra Coffee Paradise tahun lalu di Pulau Sumatra. Kali ini Terios 7 Wonders memiliki tema hidden paradise yang telah selesai berpetualang di 9 provinsi mulai dari ujung barat pulau jawa hingga ujung timur nusa tenggara. acara tersebut diadakan oleh Daihatsu Terios dan Viva selama 14 hari. Teruntuk kawan-kawan yang telah memenangkan lomba. 


Selamat buat kalian para pemenang lomba blog 7 Wonders Hidden Paradise yang telah membuat saya ngiri kebangetan, karena para pemenang yang di ikutkan dalam jelajah kali ini telah menjadi saksi atas ketangguhan mobil Terios di segala medan.





Well, saya akan menceritakan sedikit tentang "apasih lomba blog Terios 7 Wonders?"
itu lho lomba penulisan dalam sebuah blog oleh perusahaan mobil Daihatsu bekerja sama dengan media VIVA. Daihatsu yang mengeluarkan varian barunya berupa Daihatsu Terios yang telah terkenal dengan bentuknya yang tough, compact dan berjiwa petualang itu, membuat gebrakan kembali setelah petualangan di Pulau Sumatra, kembali menguji ketangguhan performanya selama 14 hari non stop dengan rute Jakarta(Starting Point)-Banten (Pantai Sawarna)-Yogyakarta (Desa Kineharjo, Merapi)- Malang (Gunung Bromo)-Banyuwangi (Tanan Nasional Baluran)- Lombok (Desa Sade Sambitan)- Dompu, NTB ( Desa Wae Rebo) - Pulau Komodo (Taman Nasional Komodo). 
7 Destinasi Terios Wonders
Lebih dari 2500 km Daihatsu di uji melewati 9 provinsi, jalan yang dilalui pun beragam, mulai dari jalan pekotaan yang mulus, jalan pedesaan, berbatu, terjal menanjak, turunan hingga susur sungai telah lunas oleh Daihatsu Terios. pastinya butuh kendaraan yang tepat. dan lebih keren lagi, pemenang lomba diajak untuk merasakan sensasi dan pengalaman ini. Pemenang dengan kategori terbaik akan di ikutkan dalam perjalanan penuh kesan. Kebayangkan, 14 hari diajak berpetualang ke 7 destinasi, dan menjadi saksi ketangguhan mobil SUV ini. #lap_iler. yuk kita bahas deh, apa yang telah "pemenang lomba blog 7 wonders hidden paradise" perbuat terhadap saya hingga ngiri kebangetan.:D

7 Alasan Terios Menjadi Ikon Sahabat Petualang


Etape I - Kelegaan 7 Penumpang didalam SUV Selama Perjalanan di Pantai Sawarna

Sport Utility Vehicles

Tujuan pertama dari tour hidden paradise ini adalah pantai sawarna. Pantai yang terletak 280 km dari jakarta ini konon merupakan pantai terindah yang dekat dengan jakarta, karena ini merupakan destinasi yang belum pernah saya kunjungi, bikin ngiler pasti ketika diajak jalan- jalan kesana dengan akomodasi gratis dari panitia :p. Setelah tiba di pantai, seperti semua orang mengetahui, keindahan pantai, deburan ombak, hempasan angin dan panorama yang indah menjadi daya tarik tersendiri dari destinasi ini. 


1 Wonders Terios - 7 Passenger  
Bicara soal Daihatsu Terios ini adalah bertipe SUV, SUV? ya, karena umumnya Sport Utility Vehicles hanya memiliki maximal 4-5 penumpang, dan Terios adalah sebuah SUV yang memiliki tempat duduk 7 penumpang. Satu dari 7 Wonders Daihatsu Terios ini adalah mobil bertype SUV pertama dan satu-satunya berkapasitas penumpang 7 orang. menariknya, kursi depan dan tengah dapat di geser maju-mundur sesuai keinginan, dan ketika ingin menambah jumlah muatan barang lebih banyak, kursi baris ke 3 dapat di benamkan ke bawah, sehingga lebih lega


Etape II - Manuver Sempurna melewati Reruntuhan Desa Kinahrejo

Perjalanan di Desa Kinahrejo

Perjalanan dilanjutkan langsung melewati 3 provinsi sekaligus, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY. Terakhir kali saya berkunjung ke DIY adalah sekitaran tahun 2006, di candi borobudur,  jika pernah ke Borobudur, maka akan terlihat gunung yang berdiri gagah di seberang cakrawala. Saat itulah saya ingin menginjakan kaki di puncakanya, walau sampai saat ini belum pernah sampai hehe. Destinasi ini menjadi menarik buat saya, karena Gunung ini merupakan salah gunung paling aktif di dunia, yang ada di Indonesia. Dikatakan paling exist mencuri perhatian publik adalah karena aktifitas magma di dalam perut merapi terus konsisten bergerak.

Sporti di Jalan Berbatu
Merapi berasal dari kata Meru yaitu Gunung dan Api bisa diartikan Gunung Berapi, secara konsisten aktif sejak tahun 1958, terakhir bentuk letusan merapi berupa leleran lava yang mengakibatkan awan panas wedhus gembel, meluluhlantakkan desa-desa di sekitarnya. bahkan mbah marijan ikut terpanggang oleh awan panas tersebut. pada etape ini rombongan 7 wonders bikin ngiler ketika diajak berkeliling melihat dahsyatnya sang meru (Gunung) memuntahkan lavanya. Heran juga dengan kondisi setelah letusan pastinya tanah menjadi licin untuk pijakan, terjal bebatuan dan berpasir bekas luluhan lava wedhus gembel. akan tetapi . mobil dapat bermanuver dengan baik di tiap kelokan. Ini karena mobil Terios dilengkapi oleh EPS System, Electric Power Steering yaitu system Power steering diatur secara elektrik berguna untuk bermanuver cepat selama di perjalanan 

2 Wonders Terios - Electric Power Steering System

Etape III Jalan yang Rusak tak membuat "mentok" selama perjalanan di Desa Ranu pane  Bromo

Sepertinya dari 7 Etape ini, destinasi Desa Tengger di Gunung Bromo ini yang pernah saya kunjungi. Gunung Bromo terdapat di perbatasan 3 kota, Malang, Lumajang dan pasuruan, menurut pengalaman saya terdapat 3 jalan yang dapat menuju ke Gunung Bromo ini, yang pertama adalah lewat jalur landai Lumajang via Desa Rawonnguling, jalur beraspal dan cukup panjang, yang kedua adalah lewat pasuruan dan yang terakhir jalur terjal dan sempit serta sulit lewat malang via Desa Tumpang. 


Istirahat di Ranu Pane
Para rombongan pemenang 7 Wonders sepertinya lewat jalur Lumajang via Rawonnguling. cmiiw (colek me if i wrong :D). ternyata pada etape ini di belokan ke  sebuah desa diatas desa tengger bromo, yaitu di desa ranu pane, atau lebih di kenal dengan pos 1 jika ingin menanjak ke Semeru, mungkin keinginan menjajal Daihatsu Terios untuk perjalanan lebih menantang dari sekedar desa suku Tengger Di Gunung Bromo. dan sukses berat sampai di Desa Ranu Pane, untuk beristirahat dan beristirahat di camp. 

di daerah antara bromo ke Desa Ranupane perjalanan sangat menantang, jalan banyak yang rusak berlobang karena beban berat dari truk-truk untuk mengangkut kebutuhan penduduk desa di sekitarnya. Dengan Terios ini memiliki keunggulan Height Clearence (jarak terendah mobil terhadap tanah) yang paling juara di kelasnya adalah 255 mm sehingga ga mentok di jalan apapun. 


3 Wonders Terios  - Height Clearence 

Etape IV - Suspensi Terbaik di Bumi Africa Van Java, Taman Nasional Baluran

Taman Nasional yang memiliki luas 250 kali lapangan sepak bola menurut mas wira nurmansyah dalam blognya. pemandangan yang bisa saya tangkap dari pemaparan mas wira adalah, sebuah savana, tanah lapang yang luas dan terlihat sebuah gunung dengan ketinggian 1247 mdpl, sepanjang bulan juli hingga oktober adalah bulan dimana daerah savana terebut berubah kering. penduduk lokal lebih memaknainya sebagai Africa van Java. Benar sekali ekosistem alam daerah savana mencoba untuk bertahan hidup di musim kering yang panjang. hanya sedikit yang dapat bertahan hidup seperti bunga kapasan ketika musim kering tiba. Selama perjalanan dari Bekol hingga padang savana nuansanya sungguh berbeda seperti yang lainya, sangat mirip dengan Benua Hitam di Africa. 


Baluran mencirikan keunikan Indonesia, Savana yang luas, terdapat gunung, pantai, dengan musim berganti.  Menurut tulisan mas wira, saya juga baru mengerti, taman nasional baluran pernah menjadi salah satu destinasi bagi kaisar jepang, presiden Iran serta pangeran Philips untuk berwisata ria. benar - benar bikin ngiler. kembali ke bulan Oktober ini adalah puncak dari musim kemarau, sehingga menjadi tantangan tersendiri dari ketahanan mobil terios. Jalan yang tidak mulus selalu mengiringi perjalanan di tempat-tempat menantang seperti di Taman Nasional Baluran. 


4 Wonders Terios - Mac Pherson Struts Suspension System 
Salah satu Keunggulan lainya dari Mobil Terios ( 1 of 7 wonders Terios) ini adalah sistem suspensi yang empuk bagi penumpang, membuat perjalanan di berbagai bentuk jalan, bermacam-macam tantangan siap di lahap dengan baik oleh Mobil Terios ini. Mac Pherson Struts merupakan sistim terbaik dari SUV ini yang menggabungkan koil spring dan shock absorber yang di ikat di knuckle (frame body bawah mobil). 

Etape V - Interior Sporty Membuat Nyaman di hari ke 9 Perjalanan ke Desa Sade Rambitan

Destinasi selanjutnya rombongan 7 Wonders Hidden Paradise adalah menuju Desa Sade Rambitan, Lombok, menurut tulisan dari blog mbak lucy, Destinasi di Lombok ini adalah hari ke 9 dari total 14 hari oleh tim 7 Wonders Daihatsu Terios. 9 hari telah berjalan - jalan ria, mungkin baru kali ini saya mendengar 14 hari jalan - jalan gratis. hehe. di desa Sade ini menarik lantaran desa suku sasak tersebut memiliki adat yang masih terjaga baik hingga kini. Selain itu pula selama perjalanan di sekitar lombok, rombongan beberapa kali susur pantai dan berhenti sejenak. 


Salah satu lanskap di Pantai Lombok

Selama Perjalanan menuju hari ke 9 ,dengan mobil biasanya terjadi driving sickness yaitu efek kecapaian dan kebosanan yang meningkat. ini juga di alami oleh mas wira ketika di wawancara oleh @autozonemetrotv, akan tetapi tak terlihat kecapaian saat mereka tiba, walau perjalanan sudah mencapai 9 hari darat. Salah satu rahasianya adalah kenyamanan dalam interior ruangan mobil Terios ini. Kabin yang lega dan entertainment yang sporty memanjakan para rombongan selama perjalanan.


5 Wonders Terios - Interior Sport with Wide cabin

Etape VI - Tampilan Exterior yang Tough bikin Semangat perjalanan di 2 Etape terakhir, Dompu NTB

Desa Wae Rebo
Desa Wae Rebo, Desa Unik di pedalaman Pulau Sumbawa, menjadi destinasi yang ke enam oleh rombongan, Desa ini unik dan telah mendapat Award of Excelence dari UNESCO, layak lah para wisatawan penjuru dunia datang ke mari. tak ingin ketinggalan rombongan 7 wonders terios. menjadi kan Desa Wae Rebo ini menjadi surga tersembunyi. perjalanan tak terbilang panjang jika di buat perjalanan darat selama 10 hari baru tiba disini. 


Front View
saya bertanya-tanya mengapa dengan jarak 2500 rombongan selalu ceria, walaupun pastinya driving sickness tetap melanda. Dengan jarak tempuh sejauh itu, selain kondisi raga dipersiapkan untuk tampil prima, juga kondisi mobil yang fresh from the oven ini pun juga terbilang menjadi perhitungan matang dalam perjalanan. Mungkin salah satu yang bikin selalu semangat adalah, bentuk dari mobil Terios, memberikan kesan jiwa muda dan selalu semangat menghadapi tantangan. Sehingga pemilihan mobil yang tepat untuk memberikan kesan yang baik pada penumpangnya pun sangat penting. 

Side View

Salah satu yang membuat Terios sangat compact dan layak untuk segala medan serta berjiwa petualang adalah desain exterior nya. Pemilihan Desain exterior yang keren dan berjiwa petualang, saya menyebutnya going to adventure. 

6 Wonders Terios - Exterior Design going to Adventure

Etape VII - Performa Mesin yang Tangguh selama lebih dari 2500 km tiba di Etape Terakhir, Pulau Komodo

Menyebrang ke Pulau Komodo 
Inilah Etape puncak dari deretan petualangan yang dihadirkan Daihatsu Terios dalam 7 Wonders Daihatsu Terios Hidden Paradise. Hari terakhir perjalanan panjang sejauh lebih 2500 km dari Pulau Sawarna hingga Pulau Komodo. Sebelum mencapai Pulau Komodo. Rombongan di manjakan dengan melihat keindahan bawah laut di sekitar pulau. 

7 Wonders Terios - Variable Valve Timing Intelegent (VVTI)
Melihat jauhnya perjalanaan selama 14 hari, maka harus disesuakan dengan kendaraan yang menjadi sahabat petualangan ini. 7 Wonders dalam Daihatsu Terios ini adalah VVTI - Variable Valve Timing Intelegent, merupakan sebuah teknologi mengatur sudut camshaft secara dinamis agar dapat menyesuakan dengan putran mesing, sehingga meningkatkan tenaga mesin, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. dengan kemampuan VVTI ini Daihatsu menjadi Sahabat petualang bagi para rombongan 7 Wonders Hidden Paradise. Saya ucapkan Selamat untuk para pemenang lomba blog dan selamat atas suksesnya program ini hingga akhirnya, dan selamat untuk Daihatsu Terios yang telah teruji di berbagai medan. 

UPDATE!!

Jika Ulasan singkat telah selesai di tulis, foto menjadi sebuah pernak-pernik perjalanan, maka Video adalah bukti dari apa yang saya tuliskan, hehe. sebuah sebuah Program 7 Wonders hidden Paradise telah disiarkan oleh program televisi otomotif,  @autozonemetrotv.


Bagian 1


Bagian 2

Following



Sumber Refrensi dan Gambar :
01. http://www.wiranurmansyah.com/wiranurmansyahcom/wp-content/uploads/2013/09/WN282007.jpg diakses tanggal 20
02. http://www.wiranurmansyah.com/wiranurmansyahcom/wp-content/uploads/2013/10/WN282158.jpg diakses tanggal 20
03. http://daihatsu.co.id/images/7wonders/gallery/17.jpg diakses tanggal 20
04. http://daihatsu.co.id/upload/image/news_terios_2013/terios-in-tengger.jpg diakses tanggal 20
05. http://daihatsu.co.id/images/7wonders/gallery/40.jpg diakses tanggal 20
06. http://www.wiranurmansyah.com/wiranurmansyahcom/wp-content/uploads/2013/10/WN283775.jpg diakses tanggal 21
07. http://daihatsu.co.id/images/7wonders/gallery/63.jpg diakses tanggal 22
08. http://daihatsu.co.id/upload/image/news_terios_2013/terios-in-tengger.jpg diakses tanggal 22
09. http://backpackology.me/2013/10/15/terios-7-wonders-merangkul-rembulan-dan-menyambut-mentari-di-ranu-pane/ diakses tanggal 23
10. http://daihatsu.co.id/images/7wonders/gallery/2.JPG diakses tanggal 24

4 comments:

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya.