7/04/2013

Cara Menghafal Al Quran dengan Metode Long Term Memory

Bismillah.. Assalamualikum.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT. ketika saya menulis tulisan ini,  adalah hari ke 25 di bulan sya'ban. 5 hari sebelum mulai Ramadhan 1434 H. 

saya ingin berbagi tentang sebuah program menarik, karena euforianya semangat buat beribadah di bulan penuh rahmah ini. saya kira akan pas ibadah kita dengan program ini, ini adalah program khusus menghafal Al Qur'an. Bukan kapasitas saya sebenarnya untuk berbicara menghafal Alqur'an, karena saya bukan seorang santri dari pondok pesantren dan tidak memiliki latar belakang sekolah khusus agama. Saya hanya bersekolah di sekolah umum yang pendidikan agama hanya 2 jam pelajaran perpekan atau sekitar 100 menit saja. Dari pertama mengenal semangatnya untuk mempelajari ALqur'an ini adalah karena saya ikut kajian pekanan dari SMA, akhirnya saya sadar bahwa apa yang terangkum dalam hidup ini tak lain dan tak bukan adalah Al Qur'an itu sendiri.  saya begitu susah untuk menghafal tiap ayatnya, akhirnya saya mengikuti madrasah di sore hari, akan tetapi metode pembelajaran yang di pakai membuat saya urung untuk melanjutkan karena saya belum mampu membagi waktu dengan baik. dalam benak apakah memang menghafal quran sangat menyita waktu?

Di Indonesia sendiri, metodenya adalah membaca secara berulang-ulang atau mengartikan kata demi kata di ajarkan oleh seorang ustadz (guru) dengan hafalan di luar kepala. dan di ulang secara terus menerus. sehingga bahasa sederhananya, mereka menggunakan kebiasaan.

Susana menulis dan menghafal di Maroko

Sampai saat ini, cara menghafal Alquran terbaik di dunia adalah dari Maroko. metode mereka adalah menulis. mereka menggunakan sebuah lauh (papan) untuk menulis semua yang akan dihafalkan, secara ilmiah dengan menulis dapat menangkap ilmu hingga 80 % sedang membaca hanya menangkap ilmu sekitar 20 %. menulis itu mengikat jejak pemahaman, membuat sebuah kata kunci, satu kata untuk setiap bab, satu kalimat untuk setiap kitab atau bahkan lebih banyak lagi. dengan menulis pun segera dapat mengetahui tiap makhraj yang salah. Menulis itu mensinergikan syaraf sensorik dan motorik. demikian Imam Assyafiie pernah mengatakan :

" Ilmu adalah Binatang buruan, dan menulis adalah tali pengikatnya"

Tak surut langkah ini mencari cara alternarif sampai browsing di internet, dan akhirnya saya menemukan cara yang tepat bagi saya sendiri untuk dapat menghafal alqur'an yaitu dengan mendengar. saya menemukan sebuah software menghafal alquran dalam satu paket. Pada prinsipnya software ini menggunakan Long Term Memory. Ada pertanyaan unik : kenapa ketika dengan lantunan musik, kita menjadi lebih ingat dan cepat hafal dari pada jika kita membaca bait liriknya dengan cara seperti membaca berita. bahkan di ulang-ulang sekalipun. :D. mungkin salah satu jawabanya adalah :
  • karena kita menyukai lagu itu 
  • karena terus diulang
Bisa jadi ke duanya benar, intinya bukan karena kita suka lagu atau pun di ulang, akan tetapi kita mensinergikan otak kanan dan kiri ketika kita mendengarnya. hingga secara otomatis hafal. Saya pernah ikut workshop seminar super memory, trainernya dapat menghafal sederetan angka, kata, bilangan, dan apapun dengan jumlah banyak hanya dalam waktu singkat. karena beliau menggunakan Long Term Memory. inti dari Long Term Memory ini adalah menggeser persepsi angka, huruf, bilangan logika ke dalam sebuah cerita, perasaan, musik, pendegaran.

akan panjang bahasanya jika saya membuat definisi otak kanan dan otak kiri :). secara umum otak kanan mengkoordinasikan warna, musik, cerita, emosi, perasaan, sedangkan otak kiri mengkoordinasikan angka, logika, matematika, selama ini di indonesia metodenya adalah dengan otak kiri, sehingga termasuk saya yang lemah dalam hal menghafal tiap huruf dalam Alqur'an. serasa sulit untuk mengingatnya. 

Software ini menitik beratkan pada mendengar oleh qori yang kita bisa memilih sesuai dengan keinginan. karena pendengaran secara umum adalah panca indra yang pertama kali berfungsi ketika masih dalam kandungan. jadi jangan heran jika di timur tengah terdapat ribuan anak yang dapat menghafal Alqur'an di bawah umur 10 tahun. karena mereka di siapkan dengan lingkungan orang tuanya yang juga menghafal Alqur'an. Allah SWT  mensuratkan dalam firmanya  :

Katakanlah " Dialah yang menciptakanmu  dan menjadikan mu pendengaran, penglihatan dan hati" 
(Al Mulk :23)

Fungsi pendengaranlah yang pertama kali aktif dalam diri manusia dan secara berurutan adalah penglihatan serta hati. :D
maka di sarankan ketika hamil suami harus sering melantunkan al qur'an.


Ini adalah tampilan program dari imam star. tampilan awalnya adalah kita log in dengan nama yang di jadikan username. program ini seperti sebuah catatan raport hafalan yang akan memperlihatkan, progres hafalan kita. jadi bisa memasukkan anggota keluarga untuk dimasukkan dalam raport ini :D.



Setelah masuk, terlihat di kolom kiri ada sekumpulan gambar hati dan di bawahnya ada nomor surat dan nomor ayatnya. kolom tersebut adalah rekam jejak progres hafalan kita. kalo kita baru memulai satu surat, maka akan di beri hati dengan kadar merah yang bertahap sesuai hafalan kita akan menjadi merah ranum merona. #tsahh. artinya kita telah menyelesaikan satu bagian surat.

Selain itu juga ada arti dari tiap ayat (translation) maupun cara membaca bunyinya dengan huruf abjad (transliteration) bisa di aktifkan sendiri. sangat mudah. ada juga pengulangan bacaan sesuai keinginan kita,.


Bagi yang susah dengan satu ayat di bagian hurf tertentu, tidak perlu khawatir, ada fasilitas pembacaan khusus untuk ayat tertentu. bahkan bisa di atur pengulangan dari tiap  hurufnya. hehe

===========================================
program ini dapat di downlod secara gratis di link ini  
===========================================
jika ingin download tidak terpisah, saya sudah uplod untuk di donlod secara free di sini

Jika telah menghafal dengan baik satu surat, maka carilah seorang ustadz untuk murojaah, mendengar, memeriksa dan mengkoreksi hasil hafalan kita, serta tidak berhenti disini, selain menghafal juga mengerti arti tiap ayatnya. dan juga ikutlah kajian mingguan :D semoga berkah

Sebentar lagi Bulan Penuh Rahmah
saatnya puasa dan bersedekah
jika ada tutur kata yang salah
mohon maaf yah :p

wassalamualikum

update :
tercatat lebih dari 50 orang yang telah mendownload program ini. semoga bermanfaat

6 comments:

  1. semoga kita bisa menjadi penghafal Quran, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin,, harus menentukan target nih :D

      Delete
  2. Bismillah... Wa'alaikum salam.
    menghapal Al-Qur'an, adalah salahsatu jembatan untuk memahaminya. Subhanallah, Allah sendiri dalam firmannya menyatakan bahwa Al-Qur'an itu diturunkan dg bahasa yang mudah dipahami. Banyak metoda yg bisa digali utk menghapalnya, dengan harapan stelh hapal dan paham, tentunya mesti diterapkan sebagai petunjuk hidup yg menyelamatkan. Wallahu'alam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali, belum bisa dikatakan hafidz jika hanya menghafal saja, harus di terapkan pada lingkungan kita >D

      Delete
  3. subhanallah... smga sya bisa.. :) ijin share boleh min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah jika bermanfaat, silahkan, perbanyak, perluas untuk kebaikan bersama :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya.