6/08/2012

Gas Nitrogen dan Penggunaanya Pada Ban

Assalamualikum.

Dalam Kehidupan sehari hari, kita sering melihat di bengkel dan tukang tambal ban dengan melabeli jasa"pompa gas nitrogen", di banyak web sering di kupas penggunaan nitrogen jauh lebih baik dari pompa angin biasa, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar namun juga tidak salah. lantas seperti apa sih sebenarnya gas nitrogen yang sering terlihat di bengkel?

Nitrogen adalah sebuah senyawa dengan simbol N memiliki unsur atom 7 pada sistem periodik, di udara sekitar komposisi nya mencapai 70% pada suhu dan tekanan standar, selanjutnya kandungan yang lain adalah Oksigen dan gas yang lebih kecil lainya. Nitrogen sendiri meruapakan gas inert, sebuah zat yang independen, tidak mudah bereaksi dengan unsur atau senyawa yang lain. berbentuk gas, tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. memiliki titik lebur -196 C. dan di proses di kilang ASP ( Air Separation Plant) berdasarkan titik leburnya, 


Nitrogen memiliki beberapa tipe bergantung dari puritas (kemurnianya) yaitu :
  • Gas Nitrogen dengan Weld grade (tingkat penggunaan terhadap industri)
Pada Weld Grade atau biasa di sebut WG  memiliki kemurnian sebesar : min 99,99% dengan impurities (pengotor) hanya max 10 ppm (part per million), ppm adalah satuan untuk mengukur kemurnian, analogi nya seperti 1 part adalah 1 mili per 1 juta mili, dari pengotor. tinggi kemurnianya untuk tingkat WG. pengotor ini dapat berupa udara lainya yang tercampur dan tidak di proses selanjutnya. 
kegunaan Nitrogen WG ini biasa digunakan pada segala macam industri, pulverising, freezing tunnel, packaging, vacuum, pengeboran minyak, baja, dsb.
  • Gas Nitrogen High Purity ( Tingkat kemurnian tinggi)
High Purity atau bisa di sebut HP memiliki tingkat kemurnian minimum 99,995% dengan impurities hanya max 5 ppm. kegunaan dari tipe ini adalah untuk pemrosesan makanan (foodgrade) menjaga makanan tersebut dari kebusukan. karena menghilangkan oksidasi dari oksigen terhadap makanan yang membuat umur makanan tersebut menjadi pendek. selain itu di gunakan pada industri pemrosesan yang membutuhkan kualitas tinggi
  • Gas Nitrogen dengan Ultra High Purity (tingkat kemurnian ultra)
Berbeda dengan WG dan HP, UHP di gunakan untuk medis, yang membutuhkan kemurnian tinggi, karenan syarat kemurnian UHP adalah minimum 99,999% dengan tingkat impurities hanya sebesar 3 ppm. dari ke tiga jenis tingkat kemurnian. UHP adalah yang paling tinggi,

nitrogen bukan termasuk gas yang mudah berubah akibat tekanan dan temperatur, sehingga stabil pada kondisi apapun, sifat nitrogen ini dapat mengusir gas - gas lain seperti oksigen. 
Lantas, termasuk apakah bengkel mobil dengan label "pompa nitrogen" ?
jelas termasuk WG dengan spesifikasi seperti di atas, atau kemurnianya lebih rendah dari 99,99% 
jika ingin mengetahui keterangan dari bengkel ada baiknya tanyakan saja, termasuk grade apa nitrogennya agar konsumen lebih nyaman :) . dan jika ingin lebih nyaman terdapat alat yang dapat mengukur kemurnian gas nitrogen.
kenapa pada pompa biasa, ban jadi sering kempis atau terlampau keras hingga meletus, 
Kembali ke kandungan gas di udara yang memiliki kadar N2 70% O2 21% dan sisanya  campuran gas. setiap mengisi ban dengan udara, berapapun tekananya, maka komposisi gas dalam ban pun sama, kita lihat gas oksigen, sifat dari oksigen mudah berubah akibat temperatur, ketika temperatur panas, ditambah berputarnya roda pada siang hari membuat gas oksigen mengembang pada konsentrasi tertentu dapat mengakibatkan ban meletus. pada malam hari, kondisi sebaliknya, ban tidak banyak bekerja dan dingin di malam hari mengakibatkan penyusutan ban. terlihat kempes. pandangan oksigen memiliki partikel lebih kecil dan menembus lapisan ban dalam dan ban luar, kurang tepat. ban kempes karena beban berat ban akibat penyusutan oksigen sehingga tidak dapat menahan tekanan beban diatasnya. Secara otomatis bagian yang terlemah dari ban adalah bagian samping membuat karet dalam ban sobek akibat tekanan. 
Selain itu kurangnya tekanan ban akibat menyusutnya udara dalam ban membuat gesekan pada ban semakin besar sehingga menjadi kan ban tidak awet
Kenapa untuk isi ban nitrogen udara di ban harus di buang dulu
kembali pada sifat dasar nitrogen yang dapat mengusir gas lainya, sehinga jika tidak di buang udara di dalam, dengan penambahan gas nitrogen, akan sia sia saja, karena oksigen dan udara lainya masih tersimpan di dalam ban, Cara pembuanganya pun harus benar, pada kasus pembuangan gas sisa atau udara yaitu dengan mengisi dan membuang dengan nitrogen minimum 3 kali. dengan 3 kali dapat mengurangi konsentrasi udara di ban, jika hanya membuang udara dan mengisi sekali nitrogen, konsentrasi udara (oksigen) masih besar.
harga untuk  pompa nitrogen rata-rata adalah 20rb sekali isi (bergantung dari lokasi pengisian),
sedangkan harga pengisian udara pada ban rata-rata 5000 sekali isi (bergantung dari lokasi pengisian),

kesimpulanya bukan karena pompa udara atau pompa nitrogen yang membuat ban lebih awet, akan tetapi pada sifat gas yang ada di dalamnya. pemilihan yang benar sesuai kebutuhan, dan pengisian yang tepat dapat membuat efisien dan efektif dalam penggunaan dan keawetan ban 

Semoga bermanfaat, :)

lain waktu saya coba share tentang gas nitrogen sebagai silent killer
Artikel yang berkaitan :
*pict diambil dari google.com

4 comments:

  1. kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
    Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
    ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

    ReplyDelete
  2. berarti kalo pngn ganti pakai gas nitrogen harus di buang isi 3 kali dong ? baru sisa gas oksigen dapat terbuang smua? begitu ? kirim jawaban ke fadillah.saputra@yahoo.co.id thank's :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nilai 3 kali itu sebenarnya hanya berdasarkan pengalaman saja, nilai aman, 3 kali, he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya.

Mpa
ton/square metre